Jenis Joran Pancing atau Fishing Rod yang WAJIB Anda KETAHUI

Hobi memancing memang benar-benar hobi yang mahal. Kelihatannya memang tidak terlihat nilai nominalnya, tetapi jika anda menekuni atau bahkan tergila-gila dengan hobi yang satu ini, pasti akan merasakan betapa kocek anda terogoh sangat dalam. Tetapi semuanya akan terbayar dengan kepuasan yang anda dapatkan, mungkin inilah yang dinamakan hobi mancing, sangat unik dan menantang. Salah satu elemen memancing yang cukup penting dan mahal adalah Joran Pancin. Saat ini kita akan membahas Jenis Joran Pancing yang wajib anda ketahui sebagai seorang angler sejati.

Tak dapat disangkal, tentunya setiap pemancing pasti membutuhkan joran pancing. Joran/Rod pancing pun mempunyai banyak type ukuran dan karakter yang berbeda-beda. Dalam artian, tidak semua joran cocok digunakan di berbagai perairan tertentu. Ada joran khusus untuk memancing di air tawar seperti kolam, sungai, laut lepas, tambak dan sebagainya. Begitupun sebaliknya, ada jenis joran pancing yang hanya bisa digunakan di laut (air asin). Tentunya untuk masalah spek, kualitas dan kekuatan joran sudah berbeda yang mana semua itu sudah dibedakan berdasarkan harga.

Tips untuk memilih joran yang tepat memang sudah menjadi bagian yang cukup penting bagi para pemancing. Apabila salah menggunakan joran pancing yang tidak semestinya, tentunya hal ini juga bisa menghambat para pemancing untuk mendapatkan ikan yang sedang diincar. Misalnya para pemancing memakai joran air tawar seperti joran ice fishing untuk memancing di laut, maka sudah pasti kuranglah tepat. Jika memaksakan, mungkin joran akan tidak kuat dan patah. Pembuatan joran di air laut harus lebih lengkap dan kuat, berbeda dengan kolam air tawar yang tidak terlalu bervariasi dan ukurannya sendiri memang lebih pendek.

Jenis Joran Pancing atau Fishing Rod yang WAJIB Anda KETAHUI
1. Joran Spinning
Untuk joran spinning merupakan jenis joran yang menggunakan reel spinning, kebanyakan jenis joran yang satu ini dipakai saat memancing menggunakan teknik casting. Dimana akurasi dan jauh lontaran joran ini memang sangat cocok digunakan untuk memancing teknik casting di laut. Joran yang satu ini sangat cocok digunakan untuk memancing ikan-ikan besar di laut seperti ikan kerapu, barakuda dan sebagainya. Joran spinning adalah jenis joran pancing yang paling banyak di gunakan di spot mulai dari kolam hingga laut. Harga jenis joran yang satu ini sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung merk joran, untuk harga biasanya berbarengan dengan kualitas joran tersebut. 

Ciri – ciri Joran Spinning:

~ Terbuat dari bahan fibber dan carbon

~ lentur dan tidak berkarat.

~ Rata-rata panjangnya 150 – 210 cm

~ Model Reel: Spinning reel

2. Joran Baitcasting

Joran baitcasting merupakan salah satu jenis joran yang sangat cocok digunakan memancing di berbagai tempat yang sulit dan sempit. Misalnya rawa-rawa dan sungai. Hanya saja untuk menggunakan jenis joran yang satu ini agak sulit, karena membutuhkan akurasi yang tepat. Cara penggunaan atau melemparnya sendiri juga berbeda, joran ini ini sangat cocok untuk memancing ikan lele, gabus dan ikan predator lainnya yang berada di perairan keruh. Joran ini banyak di buat untuk casting ikan gabus oleh para pemancing.

Ciri – ciri Joran Baitcasting:

~ Panjang rata-rata, mulai dari 150 – 210 cm

~ Mempunyai tumpuan pegangan khusus untuk jari telunjuk pada dudukan rel

~ Model reel : Baitcasting rel

~ Ring Guide: Diameternya lebih kecil daripada ring joran spinning.

3. Joran Popping

Untuk joran popping sangat cocok digunakan bagi pemancing yang gemar menggunakan umpan buatan yang terbuat dari bahan kayu ataupun plastik biasa yang disebut popper. Meskipun terlihat biasa-biasa saja dan ringan, namun joran yang satu ini sangat kuat yang mampu mengangkat beban Ikan sekitar 50 kg. Jenis joran yang satu ini biasanya terbuat dari bahan carbon composite, sehingga cukup kuat dan kokoh.Joran popping yang satu ini terbagi menjadi beberapa tingkat kekuatan atau kualitas dengan istilah yang berbeda-beda. Mulai dari PE6, PE8, PE10 dan seterusnya. Jika semisal para pemancing ingin mencari joran dengan kekuatan senar terkuat, maka pilihlah joran dengan kode PE 6.

Ciri – ciri Joran Popping:

~ Panjangnya joran bisa sampai 210 hingga 260 cm biasa berbentuk sambungan atau two piss

~ Model reel: spinning reel dengan ukuran 5000 ke atas.

~ Model: sambungan (2-3 piece)

~ Ring Guide: Cukup mirip dengan ring spinning pada bagian ring yang ukuran diameter pangkalnya lebih besar yang terbuat dari metal alloy dan silicon carbide supaya tidak mudah rusak tergesek oleh senar ketika mengangkat beban ikan yang berat.

4. Joran Surf Casting Atau Surf Fishing

Untuk joran ini biasanya di buat memancing dipinggiran pantai atau laut, sebaiknya memilih jenis joran yang satu ini, agar mudah melempar yang jauh dari pinggir pantai. Joran surf casting biasa kerap digunakan oleh para pemancing profesional di atas teping di pinggiran laut. Namun jika menggunakan joran yang satu ini harus menggunakan reel yang besar, supaya bisa menampung senar yang lebih panjang.

Ciri – ciri Joran Surf Casting:

~ Panjangnya biasanya diantara 360 hingga 500 cm.

~ Gagang / grip: gagang terbuat dari bahan yang kuat dan panjang, supaya lebih memudahkan setiap pemancing untuk melempar umpan lebih jauh lagi.

~ Model : antena dan sambungan

~ Reel: spinning reel yang bisa sampai 5000 ke atas.

5. Joran Jigging

Joran Jigging yang biasanya digunakan di pakai bagi pemancing yang gemar memakai teknik jigging, yakni teknik menggunakan umpan metal jig yang diturunkan ke dalam air. Teknik memancing dengan menggunakan joran jigging adalah dengan cara di tarik-tarik secara random, sehingga menimbulkan reaksi yang seakan-akan umpan ikan berusaha naik ke permukaan. Jenis joran yang satu ini merupakan joran yang telah dirancang khusus terbuat dari bahan yang cukup kuat. Joran jigging ini biasa terbagi menjadi dua model, spinning dan model oha (overhead). Untuk maen jigging yang heavy di sarankan memakai joran yang model oha.

Ciri – ciri Joran Jigging:

~ Panjang rata-rata antara 150 – 210 cm

~ Model reel: Reel spinning mulai dari ukuran 4000 ke atas

~ Model: joran ini mempunyai diameter kecil, namun mempunyai blank yang panjang agar joran tetap lentur.

~ Ring guide: memiliki 1 ring guide besar yang biasa disebut stripping guide dan beberapa ring guide berukuran kecil yang biasa disebut snake guide.

6. Joran Trolling

Joran trolling merupakan joran yang diciptakan khusus bagi pemancing gemar mengunakan teknik trolling. Teknik trolling sendiri adalah teknik memancing ikan dengan cara menyeret umpan di atas kapal dengan kecepatan sedang. Jenis joran yang satu menggunakan reel jenis overhead (reel yang di pasang di atas joran). Biasanya pula menggunakan umpan mainan atau umpan hidup.Jenis Joran Pancing untuk Teknik Mancing Trolling

Ciri – ciri Joran Trolling:

~ Panjang joran bisa samoai antara 150 – 210 cm.

~ Model reel: reel tipe overhead sesuai dengan teknik trolling

~ Model: terdapat 2 tipe joran yang bisa dipilih diantaranya joran lurus dan bengkok

~ Line Guide: terbagi menjadi light dan medium trolling sampai dengan 50lbs (22,5 kg) dan menggunakan ring guide. Sementara itu Heavy trolling 50lbs ke atas dengan menggunakan roller guide.

7. Joran Ice Fishing

Joran ice fishing ini sangat cocok dipergunakan untuk memancing di kolam ataupun danau, mengingat rakaiannya tidak terlalu ribet dengan jenis joran lain. Joran ini sangat cocok dipergunakan untuk memancing berbagai ikan air tawar seperti lele, tombro, bandeng, nila, mujair dan sebagainya.

Ciri – ciri Joran Ice Fishing:

~ Tidak terlalu panjang (sedang)

~ Model reel: tergantung kesukaan setiap pemancing, bisa menggunakan spinning reel, overhead reel dan reel kecil.

~ Joran ini model sambungan dan teleskopik

8. Joran Fly Fishing

Joran yang satu ini merupakan joran yang telah dirancang khusus untuk melemparkan umpan yang bernama FLIES. Umpan ini sendiri berbentuk menyerupai serangga dengan berat relatif yang lebih ringan yang dapat dilempar dalam jarak yang cukup jauh. Untuk bagian gagangnya terdapat variasi model model grip yang biasa dipakai untuk menangkap berbagai ikan kecil. Joran ini sangat lah lentur sehingga di butuhkan teknik khusus juga.

Ciri – ciri Joran Fly Fishing:

~ Panjang umumnya bisa sampai 180 – 450 cm

~ Model reel: termasuk reel khusus yang sudah didesain untuk fly fishing

~ Joran ini mempunyai diameter kecil, namun mempunyai blank yang panjang lentur

mempunyai 1 ring guide yang besar yang biasa disebut sebagai stripping guide dan ring guide kecil

9. Joran Antena / Telescophic

Salah satu jenis joran yang ini paling banyak digunakan oleh para penghobi mancing yang mana paling mudah digunakan.Disamping itu, untuk membawanya dan merancang kepanjangan joran sesuai selera pemancing dan mudah di simpan di bagasi motor pula. Dimana joran antena ini juga disebut sebagai joran antena yang bisa disambung sesuka hati untuk para pemancing.

Ciri – ciri Joran Antena:

~ Ukuran panjang biasanya sampai 150 hingga 500 cm (tergantung spot)

~ Model reel menggunakan reel spinning

~ Ujung atas bagian tip (ujung joran) merupakan bahan keras dan berisi. Bagian pangkal joran dan bagian sebelum tip kosong.

10. Joran Bambu

Joran yang satu ini modelnya sangat klasik hehehe..,untuk joran walesman atau juga sering disebut sebagai joran bambu yang juga terbilang paling banyak digunakan. Biasanya ada beberapa jenis yang bagian pangkal jorannya terdapat berbagai macam ukiran sebagai pegangan. Harga joran yang satu ini terbilang murah dan bisa dijangkau semua kalangan pemancing.

Ciri – ciri Joran Bambu:

~ Panjangnay bisa sampai 80 hingga 120 cm

~ Terdapat ukurian pada pangkal joran sebagai pengangan.

~ Terdapat sambungan yang cukup kuat antara joran dan batang bambu

11. Joran Tegek Atau Bebekan

Untuk jenis joran yang satu ini cukup praktis dan tidak sulit menggunakannya. Berbeda dengan joran lain yang terlebih dulu harus melemparkan jauh-jauh umpan. Cukup cemplungkan umpan saja di jarak dekat ketika menggunakan joran tegek. Cepat, praktis dan mudah dibawa, joran ini hampir sama dengan joran antena.

Ciri – ciri Joran Tegek Atau Bebekan :

~ Panjangnya bisa sampai 300 hingga 600 cm

~ Tidak mempunyai ring guide dan reel seet

~ Sebenarnya terdapat dua jenis joran pole dengan fungsi berbeda, diantaranya sebagai slow action dan fast action

Semua model joran biasanya sudah ada spesifikasinya semua mulai dari pakai PE berapa hingga berat maksimal umpan atau lure.Demikianlah beberapa macam – macam model rod atau joran pancing, semoga bermanfaat agar bisa di jadikan pedoman saat mau membeli joran pancing

0 Response to "Jenis Joran Pancing atau Fishing Rod yang WAJIB Anda KETAHUI"

Post a Comment